PANGGILAN DARURAT !

Banjir terjang Kalimantan Tengah dan Timur, ribuan orang mengungsi. Fasilitas umum pun lumpuh karena terendam air. Bantu warga terdampak SEGERA.

Simpan

PANGGILAN DARURAT !

Target

0 0

0%
0 20 hari tersisa

PANGGILAN DARURAT !

Update : 20 Sep, 2021


Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, banjir kembali terjang negeri. Kali ini, Kalimantan Tengah dan Banten yang terimbas. Hujan dengan intensitas tinggi di beberapa daerah Kalimantan Tengah, membuat beberapa sungai di meluap, seperti Sungai Samba, Sungai Katingan, Sungai Kahayan, Sungai Arut, dan Sungai Seruyan. Akibatnya tak terlekkan, banjir luas menerjang setidaknya 7 Kabupaten di Kalimantan Tengah antara lain: Kotawaringin Timur, Katingan, Seruyan, Gunungmas, Pulang Pisau, Kotawaringin Barat, dan Lamandau. Ribuan warga dari 33 kecamatan dan 151 desa mengungsi. Lebih kurang 17.800 rumah terendam banjir, 19.813 Kepala Keluarga dan 32.717 jiwa yang terdampak.
2e68b9078ab5ef26161eeb426cd25836.jpg

Beberapa akses jalan darat terputus akibat banjir, dan mengakibatkan beberapa desa terisolasi. Dampaknya, kondisi ini memutus akses masuknya logistik ke desa tersebut. Warga pun tidak bisa bekerja sebagaimana biasanya sehingga tidak ada pemasukan. Mereka amat memerlukan bantuan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari di masa-masa gawat darurat ini.
f7f7c31602d412e0c2a99ed5d48b0630.jpg

Banjir juga menerjang wilayah Samarinda, Kaltim, tepatnya Kecamatan Samarinda Utara dan Sungai Pinang. Tak hanya di wilayah Samarinda, beberapa hari lalu banjir juga melanda wilayah Balikpapan. Intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang sejak Jumat (3/9) lalu, menjadi penyebab utama meningkatnya ketinggian air hingga lebih dari 100 cm.
dd10e47cc729eb057e857acd2027944a.jpg

Kondisi ini mengakibatkan 915 rumah terendam banjir dan sebanyak 3.656 jiwa yang tersebar dalam 26 RT pun menjadi korban. Beberapa akses jalan darat juga sempat terputus, hingga mengakibatkan beberapa daerah terisolasi.

“Jauhilah neraka walupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, kalau kamu tidak menemukan sesuatu, maka dengan omongan yang baik.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim).

Bismillah, ayo Sahabat, kita bantu mereka! Mari bersama atasi bencana dengan semangat solidaritas kita!

InsyaAllah tim ACT Kalimantan Tengah sedang berjibaku membantu proses evakuasi dan distribusi bantuan. Adapun beberapa yang menjadi kebutuhan korban banjir sebagai berikut:

- Terpal / Tenda untuk pengungsian
- Bahan Pangan & Makanan Instan
- Makanan siap santap dan air mineral
- Obat-obatan
- Popok & Makanan Bayi Fortifikasi
- Masker
- Selimut & Matras
- Pakaian Bayi, Anak, Dewasa

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang